Cari Blog Ini

Rabu, 27 Februari 2019

setelah aku sendirian vol 2

sendirian adalah saat kita ditinggalkan semangat, mimpi dan harapan
sendirian adalah saat kita hilang dalam keraguan
sendirian adalah saat kita merenungi kesalahan tanpa teman
sendirian adalah saat kita mencari jati diri tapi tanpa tujuan

2005, Purwokerto

ketika hampir semua teman yg kukenal telah pergi (lulus) aku memiliki banyak teman baru, serasa awet muda karena temannya angkatan bawah semua (2000-2001). Setelah KP di Serang Karangreja usai, beberapa waktu kemudian ada penelitian, yap ikutan.....sebuah penelitian super mainstream .....Kedelai, Ultisol dan pupuk.....(kita kebagian Zeo-Fosfo-Kompos + Mikorhiza)

satu team penelitian bersama 2 anak angkatan 2001 (Rudi dan Tri), awalnya semua berjalan baik, tapi akibat liburan panjang jadi ada kelupaan menyiram dan beberapa kesalahan teknis, jadilah penanaman kedelai harus diulang (sebanyak 24 polybag)... mulai saat itu sikap Tri agak berubah, cuek dan gak menganggap orang tua ini ada.... (dramatisir)

setelah menikmati beberapa waktu penanaman, panen pun dilakukan setelah itu analisis di lab. Analisis berbagai unsur hara itu dilakukan bahkan sampai hampir larut malam (pukul 22)  dan terpaksalah Rudi jadi ojek antar aku ke terminal (saat itu masih di Teluk)

analisis yang dilakukan antara lain bantu-bantu analisis N , P (sedikit ), K, Ca, Mg dan unsur mikro (ga jadi karena alat yg belum tersedia atau langkah yang agak ribet)

setelah data berhasil dikumpulkan maka tinggal analisis data, sebagian menggunakan software entah berantah kaya ezstat dll (yg lain pake SPSS) tapi ku cari yg super simple ...(belum jaman boy band jadi gak sambil nyanyi)....

beberapa miss comunication dg pemilik penelitian (yaaahaa interpretasi sendiri membuat penelitian aku mjd sangat simple...cuma menghitung jumlah bintil akar aja ...teknik kepepet itu indah)..

selama anlisis data, beberapa tempat ngetem menunggu dosen datang adalah di kost teman atau di rentalan punya teman (PP) sambil main game sampe sore... kalau lg males atau nyari bahan yaa internetan di warnet murah (padahal sebagian besar waktu buat main game (jaman AoE/ game flash dan browsing hal gapenting) sisanya buat MIRc an dan nyari bahan laporan skripsi.....

konsultasi dosen cuma 3-6 kali saja, berhubung sudah hampir kena semprit wasit...ya sama dosennya tidak dipersulit,

tercatat cuma ada 2 orang seangkatan yang berjuang bersama sampai titik acc penghabisan, agar bisa indah pada waktunya.  Berhubung berjuang bareng 2 orang itu (mas Udin dan mas Afwan yg sama - sama dari Pemalang) jadilah sering ngetem di kost-kostan mereka ...ketemulah sama junior dari angkatan 99 sampe 2002. dan sebagian besar aktivis dibidang kerohanian Islam.

teknik, power of kepepet benar-benar diterapkan, pada saat ini, mulai dari proposal sampe selese semua ...dipermudah (dibantu teman-teman, dosen dan pegawai Bapendik)

tak berapa lama dari seminar, ujian skripsi (pembimbing 1,2,penilai 1, sama mas pemuliaan sbg penilai tamu)
akhirnya dengan semangat sampai akhir kami berhasil lulus dengan biasa saja, tapi syukurlah.



Tidak ada komentar: