Cari Blog Ini

Rabu, 29 November 2017

kisah jaman SMP (SMPN 1 Purbalingga 1992-1995)

1992

sekolah di pusat kota ini adalah sekolah favorit *katanya*, dan pas kebetulan NEMnya mencukupi jadinya masup.... saat itu NEM saya cuma 43, cuma rangking 3 se SD saat itu. dan dari 29 anak di SD hanya 4 yang masuk ke SMP 1, sementara yg rangking 1 gak tau ke mana.....selain saya ada Gani Isnanto, Anugrah Purwoko dan Imas Dian Faizah, (gani dan anugrah di 1c, saya di 1e dan imas di if)

Penataran P4

sebelum kegiatan belajar mengajar, kita mengikuti penataran P4, saya masuk di grup Bahasa yang tempatnya di Ruang Ketrampilan pojokkan, mulailah tugas-tugas dan bawaan yang lumayan menyiksa saat itu, sebelumnya terpilih Sutomo sebagai ketua kelas dan Devina sebagai wakil...kembali ke penataran P4, tempatnya ada di pojok tapi asiknya deket kantin jadi kalau istirahat langsung bablas, ada beberapa hal yg terjadi seperti tugas senior, tugas dari guru seperti pancasila P4 dll, saya masih belum bisa punya teman dekat kecuali sutomo yang sebangku dan  Feri Dona (yg sekampung) dan beberapa anak yang kurang gaul dan sampai kls 3 sekalipun saya hanya lebih akrab dg kls 1e-1f saja, memori terkuat soal penataran P4 malah lagu Kembang jagung (Pencipta: Ki Hadi Sukatno)

Kembang jagung omah Kampung pinggir lurung Jejer telu sing tengah bakal omahku
Gempong munggah guwo medun neng bon raja Metik kembang soka dicaoske kanjeng romo
Maju kowe tatu mundur kowe ajur Jokna sak balamu ora wedi sudukanmu
Iki lo dhadha satriya
iki lo dhadha janaka
Kembang jagung omah Kampung pinggir lurung Jejer telu sing tengah bakal omahku
Gempong munggah guwo medun neng bon raja Metik kembang soka dicaoske kanjeng romo
Maju kowe tatu mundur kowe ajur Jokna sak balamu ora wedi sudukanmu
Iki lo dhadha satriya
iki lo dhadha janaka
Iki lo dhadha satriya
iki lo dhadha janaka
Iki lo dhadha satriya
iki lo dhadha janaka
(copy from http://liriklaguanak.com/kembang-jagung-lirik/)

kelas 1E

tidak ada yang terlalu menarik di dalam kelas kecuali kalau pas klas meeting, saat itu setelah kalah sepakbola dg kls 1B maka terjadi afiliasi  memusuhi kelas 1B atau mensuporteri lawannya, lupa siapa yang menang tapi saat itu cukup seru, ada lagi fogging, karena musim DBD dan 1 minggu tanpa Sutomo yang operasi usus buntu.... kelas 1 memang masih seperti anak SD pindah sekolah dg pelajaran yang beda.
wali kelas Bapak Budi Prasetyo Utomo (sekarang masih ada di sana)
Ohya karena kedekatan absen pula saya dekat dg Ri setia, Tripitoyo dan  Kiki  (kelas ini termasuk kelas yang kurang ekspose mungkin karena anak anaknya tidak terlalu aneh aneh saat itu) dan yang plg berprestasi adalah Yuliana.
Saya mengikuti ekstra kurikuler Pramuka dan Bulu tangkis, walau sudah ada komputer tapi belum semua anak boleh menggunakan, saat itu yang paling beken adalah eskul drum band, sebagian besar yg ikut adalah idola sekolah, oiya ada event Kartinian pas kls 1, isinya ada lomba pasangan berbusana tradisional (wakil kelas saya adalah mega dan Apik)..plg kiri
, lalu lomba mewiru, dan lomba tentang masakan di lapangan basket....
dan nama-nama teman di kls 1  dan 3 ada di sini

kelas 2F

ini adalah kelas paling gelap, mojok di sekolah dulu.  Berada di belakang koperasi, sebelah gudang olahraga , pantes gelap... dari tiap kelas 1 ada 8 anak , terdiri dari 4 laki-laki dan 4 perempuan, yang masih ingat ada Budi nugroho, Mahar Kurniawan, Hari Susanto w dan aku,  sedangkan perempuannya ada Rizki Nurbani, Umi kulsum dan yg 2 lupa
dan meskipun mojok ternyata dalam bidang olahraga atau event class meeting itu berprestasi terutama basket dan volley, dg punggawa tetap macam wahyu hari, wahyu imam, sabar   Anton kurniadi dll (ibarat kata ada twin tower atau sutet man kalo jaman sekarang) hahaha ..

oh iya beberapa kali olahraga Renang di Walik dan aku ga ikut inilah hasilnya


 tiket ke kolam renang edisi spesial tanda tangan pak guru ,uups

di kelas ini aku jadi kenal sama, muadzin, hengki, arnas, harmoko yang dulu ikut melarikan diri di mapel ketrampilan jahit menjahit untuk bikin spanduk dan akhirnya tugas njait dibuatin sama muadzin... (kenakalan smp plg berkesan...maklum anak pendiam)

kelas 3E

hanya reuni kelas 1E yang ditambah Anton, Ahmad Darmawan, afit Zubhan, andriyanto, ari  supriyati , arief dan  aviena serta dikurangi anggoro, budi, cyeli, didik,apik  yang hijrah ke kelas D

beberapa momen spesial di sini adalah :

1. punya kaos kelas kira kira penampakannya seperti ini
bisa dibayangkan sumuknya.....
2. piknik ke jawa barat
ini adalah formasi spesial kls 3E di Maribaya saat semua sedang lelah


hmm jadi inget Pak Suryono (alm)

3. kasus yang menimpa ketua kelas kami

(image cannot displayed again hahaha )

dan setelah lulus dari SMP beberapa dari kami atau tepatnya 60% kembali bersua  di SMU N 1 Purbalingga

jadi seperti boyongan...dan selayakya di manapun sekolah dipijak tetap saya sendirian dan kesepian

hahaha